今度は文字を見ながら先ほど聞き取れなかったところを中心に聞いてみましょう。
内容がしっかりと把握できるまで,何度も繰り返し文字を見ながら聞いてみて下さい。
聞き取りづらいセリフは、再度ボタンで何度でも繰り返してみてください。また、戻るボタンを押すと1つ前のセリフに戻ります。
意味のわからないところは、訳ボタンで訳に切り替えたり、語彙ボタンで語句の意味を確認してみて下さい。
十分に内容を理解できたら、次のステップへと進んでください。
内容がしっかりと把握できるまで,何度も繰り返し文字を見ながら聞いてみて下さい。
聞き取りづらいセリフは、再度ボタンで何度でも繰り返してみてください。また、戻るボタンを押すと1つ前のセリフに戻ります。
意味のわからないところは、訳ボタンで訳に切り替えたり、語彙ボタンで語句の意味を確認してみて下さい。
十分に内容を理解できたら、次のステップへと進んでください。

明日,日本から大学生が来るわよ。
Besok akan datang mahasiswa dari Jepang.

そうなの?何人?
Oh, ya? Berapa orang?

5人ぐらい。
Kira-kira lima orang.

大変だ。
Gawat!

日本語ができる学生を探さなくちゃ。
Kita harus mencari mahasiswa yang bisa berbahasa Jepang.

心配いらないわ。
Jangan khawatir.

リアが日本語を話せるもの。
Ria bisa berbicara bahasa Jepang.

本当?
Betul?

すごいね。
Dia hebat, ya.

彼女は英語もうまいよ。
Dia juga pintar bahasa Inggris.

残念ね,私たちは日本語ができないもんね。
Sayang, ya. Kita tidak bisa bahasa Jepang.

僕は今,日本研究センターで日本語を勉強しているよ。
Sekarang saya sedang belajar bahasa Jepang di Pusat Studi Jepang.

すごいじゃん。
Hebat!

でも,まだマスターしてないし。
Tapi, saya belum mahir.
token | type | sense | pos |
---|---|---|---|
besok | besok | 明日 | |
akan | akan | ~する(予定) | |
datang | datang | 来る | |
mahasiswa | mahasiswa | 大学生 | |
dari | dari | ~から | |
Jepang | Jepang | 日本 | |
berapa | berapa | いくつ,いくら | |
orang | orang | 人 | |
kira-kira | kira-kira | だいたい | |
lima orang | 5人 | ||
gawat | gawat | 大変だ | |
kita | kita | 私たち(聞き手を含む) | |
harus | harus | ~しなければならない | |
mencari | mencari | 探す | |
yang | yang | ~の(もの,人,こと) | |
bisa | bisa | ~できる | |
berbahasa | berbahasa | (言語を)話す | |
jangan | jangan | ~するな | |
khawatir | mengkhawatirkan | 心配する | |
berbicara | berbicara | 話す | |
bahasa | bahasa | 言語 | |
betul | betul | 正しい | |
dia | dia | 彼女,彼 | |
hebat | hebat | すごい | |
juga | juga | ~も | |
pintar | pintar | うまい | |
Inggris | Inggris | イギリス | |
sayang | sayang | 残念だ,もったいない | |
tidak | tidak | ~ない | |
sekarang | sekarang | 今 | |
saya | saya | 私 | |
sedang | sedang | ~している | |
belajar | belajar | 勉強する | |
di | di | ~で,~に | |
Pusat Studi Jepang | 日本研究センター | ||
tapi | tetapi | しかし | |
belum | belum | まだ~ない | |
mahir | mahir | 習熟している |