次に文字を見ながら繰り返して、セリフの細かい部分まで確認をしましょう。
それぞれのセリフの横の音声ボタンを押すと、音声が流れますので、文字を目でみて確認しながら、繰り返して言ってみましょう。
すべてのセリフの確認と練習が終わったら、次のステップへと進んでください。
それぞれのセリフの横の音声ボタンを押すと、音声が流れますので、文字を目でみて確認しながら、繰り返して言ってみましょう。
すべてのセリフの確認と練習が終わったら、次のステップへと進んでください。

明日,日本から大学生が来るわよ。
Besok akan datang mahasiswa dari Jepang.

そうなの?何人?
Oh, ya? Berapa orang?

5人ぐらい。
Kira-kira lima orang.

大変だ。
Gawat!

日本語ができる学生を探さなくちゃ。
Kita harus mencari mahasiswa yang bisa berbahasa Jepang.

心配いらないわ。
Jangan khawatir.

リアが日本語を話せるもの。
Ria bisa berbicara bahasa Jepang.

本当?
Betul?

すごいね。
Dia hebat, ya.

彼女は英語もうまいよ。
Dia juga pintar bahasa Inggris.

残念ね,私たちは日本語ができないもんね。
Sayang, ya. Kita tidak bisa bahasa Jepang.

僕は今,日本研究センターで日本語を勉強しているよ。
Sekarang saya sedang belajar bahasa Jepang di Pusat Studi Jepang.

すごいじゃん。
Hebat!

でも,まだマスターしてないし。
Tapi, saya belum mahir.
token | type | sense | pos |
---|---|---|---|
besok | besok | 明日 | |
akan | akan | ~する(予定) | |
datang | datang | 来る | |
mahasiswa | mahasiswa | 大学生 | |
dari | dari | ~から | |
Jepang | Jepang | 日本 | |
berapa | berapa | いくつ,いくら | |
orang | orang | 人 | |
kira-kira | kira-kira | だいたい | |
lima orang | 5人 | ||
gawat | gawat | 大変だ | |
kita | kita | 私たち(聞き手を含む) | |
harus | harus | ~しなければならない | |
mencari | mencari | 探す | |
yang | yang | ~の(もの,人,こと) | |
bisa | bisa | ~できる | |
berbahasa | berbahasa | (言語を)話す | |
jangan | jangan | ~するな | |
khawatir | mengkhawatirkan | 心配する | |
berbicara | berbicara | 話す | |
bahasa | bahasa | 言語 | |
betul | betul | 正しい | |
dia | dia | 彼女,彼 | |
hebat | hebat | すごい | |
juga | juga | ~も | |
pintar | pintar | うまい | |
Inggris | Inggris | イギリス | |
sayang | sayang | 残念だ,もったいない | |
tidak | tidak | ~ない | |
sekarang | sekarang | 今 | |
saya | saya | 私 | |
sedang | sedang | ~している | |
belajar | belajar | 勉強する | |
di | di | ~で,~に | |
Pusat Studi Jepang | 日本研究センター | ||
tapi | tetapi | しかし | |
belum | belum | まだ~ない | |
mahir | mahir | 習熟している |