A
   
 Ria sudah mengerjakan laporan Linguistik?
もう言語学のレポートやった?
 sudahsudahもう,既に
 mengerjakanmengerjakan~する
 laporanlaporanレポート
 Linguistiklinguistik言語学
      B
   
 Ya, tapi belum selesai.
うん,でもまだ終わってない。
 yayaはい
 tapitetapiしかし
 belumbelumまだ~ない
 selesaiselesai終わる
    
 Iwan sudah mengerjakan sampai mana?
イワンはどこまでやったの?
 sampaisampai~まで
 manamanaどこ,どちら
      A
   
 Baru setengah.
やっと半分だよ。
 barubaru新しい,やっと
 setengahsetengah半分
    
 Ria sudah berapa halaman?
リアはもう何ページ書いたの?
 berapaberapaいくつ,いくら
 halamanhalamanページ
      B
   
 Lima halaman, tapi kata dosen minimal delapan halaman.
5ページ。だけど,先生は最低8ページっていってた。
 limalima5
 katakata語,~(人)が言うには
 dosendosen(大学の)先生
 minimalminimal最低,ミニマル
 delapandelapan8
      A
   
 Bagian terakhir paling sulit, ya.
最後の部分が一番難しいよね。
 bagianbagian部分
 terakhirterakhir最後
 palingpaling最も
 sulitsulit難しい
      B
   
 Ya, benar.
うん,そうなの。
 benarbenar正しい
      A
   
 Bagaimana kalau kita mengerjakan bersama?
一緒にやらない?
 bagaimana kalau...?~はどうですか。
 kitakita私たち(聞き手を含む)
 bersamabersama一緒に
      B
   
 Itu ide bagus.
それは良い考えね。
 ituituそれ,その
 ideide考え,アイデア
 bagusbagus良い
    
 Setelah makan siang saja, ya.
お昼ご飯の後にしましょ。
 setelahsetelah~の後
 makan siang昼食をとる
      A
   
 Baiklah, kita bertemu di perpustakaan lantai satu.
わかった。図書館の1階で会おう。
 baiklahbaikよい,わかりました
 bertemubertemu会う
 didi~で,~に
 perpustakaanperpustakaan図書館
 lantai床
 satusatu1
 lantai satu1階
      B
   
 Di depan pintu masuk, ya.
入口の前でね。
 depandepan前
 pintu masuk入口
     
    
      
         場所: 大学構内 
         状況: イワンとリアが言語学のレポートについて話し合っている。