A
Ria sudah mengerjakan laporan Linguistik?
もう言語学のレポートやった?
sudahsudahもう,既に
mengerjakanmengerjakan~する
laporanlaporanレポート
Linguistiklinguistik言語学
B
Ya, tapi belum selesai.
うん,でもまだ終わってない。
yayaはい
tapitetapiしかし
belumbelumまだ~ない
selesaiselesai終わる
Iwan sudah mengerjakan sampai mana?
イワンはどこまでやったの?
sampaisampai~まで
manamanaどこ,どちら
A
Baru setengah.
やっと半分だよ。
barubaru新しい,やっと
setengahsetengah半分
Ria sudah berapa halaman?
リアはもう何ページ書いたの?
berapaberapaいくつ,いくら
halamanhalamanページ
B
Lima halaman, tapi kata dosen minimal delapan halaman.
5ページ。だけど,先生は最低8ページっていってた。
limalima5
katakata語,~(人)が言うには
dosendosen(大学の)先生
minimalminimal最低,ミニマル
delapandelapan8
A
Bagian terakhir paling sulit, ya.
最後の部分が一番難しいよね。
bagianbagian部分
terakhirterakhir最後
palingpaling最も
sulitsulit難しい
B
Ya, benar.
うん,そうなの。
benarbenar正しい
A
Bagaimana kalau kita mengerjakan bersama?
一緒にやらない?
bagaimana kalau...?~はどうですか。
kitakita私たち(聞き手を含む)
bersamabersama一緒に
B
Itu ide bagus.
それは良い考えね。
ituituそれ,その
ideide考え,アイデア
bagusbagus良い
Setelah makan siang saja, ya.
お昼ご飯の後にしましょ。
setelahsetelah~の後
makan siang昼食をとる
A
Baiklah, kita bertemu di perpustakaan lantai satu.
わかった。図書館の1階で会おう。
baiklahbaikよい,わかりました
bertemubertemu会う
didi~で,~に
perpustakaanperpustakaan図書館
lantai床
satusatu1
lantai satu1階
B
Di depan pintu masuk, ya.
入口の前でね。
depandepan前
pintu masuk入口
Place: 大学構内
Situation: イワンとリアが言語学のレポートについて話し合っている。