だいたいの内容はつかめましたか?それでは、次にダイアログをセリフ毎に聞いてみます。
自分の苦手な箇所はどこなのかを意識しながら聞いてみましょう。
進むボタンで最初のセリフが始まります。もう一度、進むボタンを押すと次のセリフに進みます。
聞き取りづらいセリフは、再度ボタンで何度でも繰り返してみてください。また、戻るボタンを押すと1つ前のセリフに戻ります。
だいたい聞き取れるようになったら、次のステップへと進んでください。
自分の苦手な箇所はどこなのかを意識しながら聞いてみましょう。
進むボタンで最初のセリフが始まります。もう一度、進むボタンを押すと次のセリフに進みます。
聞き取りづらいセリフは、再度ボタンで何度でも繰り返してみてください。また、戻るボタンを押すと1つ前のセリフに戻ります。
だいたい聞き取れるようになったら、次のステップへと進んでください。

フランス語学科の学生ですか?
Anda mahasiswa jurusan bahasa Prancis?

はい。
Ya.

あなたは日本語学科の学生ですよね。
Anda mahasiswa jurusan bahasa Jepang, 'kan?

はい。
Ya.

フランス語は難しいですか?
Apakah bahasa Prancis sulit?

私としては,すべてが難しいというわけではないです。
Menurut saya, tidak seluruhnya sulit.

何が一番難しいんですか?
Apa yang paling sulit?

読み方と書き方が一致しないところです。
Cara membaca dan cara menulisnya tidak sama.

あぁ,そうなんですか。
Oh, ya.

日本語はどうですか?
Bagaimana dengan bahasa Jepang?

私的には,日本語では漢字が一番難しいです。
Menurut saya, yang paling sulit dalam bahasa Jepang itu adalah Kanji.

なるほど。でも,日本の文字っておもしろいですよね。
O begitu..., tetapi saya kira huruf Jepang itu lucu!
token | type | sense | pos |
---|---|---|---|
Anda | Anda | あなた | |
mahasiswa | mahasiswa | 大学生 | |
jurusan | jurusan | 学科 | |
bahasa | bahasa | 言語 | |
Prancis | Prancis | フランス | |
ya | ya | はい | |
Jepang | Jepang | 日本 | |
'kan | bukan | ~ではない,~じゃない?(付加疑問文に使う) | |
apakah | apakah | ~か? | |
sulit | sulit | 難しい | |
menurut | menurut | ~によると | |
saya | saya | 私 | |
tidak | tidak | ~ない | |
seluruhnya | seluruh | 全て | |
apa | apa | 何 | |
yang | yang | ~の(もの,人,こと) | |
paling | paling | 最も | |
cara | cara | 方法 | |
membaca | membaca | 読む | |
dan | dan | ~と~,そして | |
menulisnya | menulis | 書く | |
sama | sama | 同じ | |
bagaimana dengan...? | ~はどうですか。 | ||
dalam | dalam | 中 | |
itu | itu | その,それ | |
adalah | adalah | ~である | |
begitu | begitu | そのような,そのように | |
tetapi | tetapi | しかし | |
kira | mengira | 思う | |
huruf | huruf | 文字 | |
lucu | lucu | おもしろい,かわいらしい |